OtherPapers.com - Other Term Papers and Free Essays
Search

Definisi Database (indonesian)

Essay by   •  July 17, 2011  •  Essay  •  366 Words (2 Pages)  •  1,590 Views

Essay Preview: Definisi Database (indonesian)

Report this essay
Page 1 of 2

2.1 Definisi Database

Definisi Basis data (database) adalah sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundansi data ( Laudon&Laudon, 2008 : 265). Dan masih menurut Laudon dkk., Sistem manajemen basis data adalah peranti lunak yang memudahkan organisasi untuk memusatkan data, menegelola data secara efisien, dan menyediakan akses data bagi program aplikasi.

Pada tingkat konseptual, database adalah kumpulan beragam elemen informasi yang akan digunakan demi tujuan klasifikasi. Dalam upaya mengimplementasikan sebuah database yang telah ditentukan pada tingkat konseptual, field dengan data - data dan record khusus harus ditentukan. Juga perlu menentukan cara record dan field akan dilihat atau dilaporkan, dan bagaimana keduanya terkait satu sama lain ( Bodnar&Hopwood, 2006 : 519).

Sedangkan menurut Fatansyah, Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Menurut James A. O'Brien, Database adalah suatu koleksi terintegrasi dimana secara logika berhubungan dengan record dari file.

Jadi Database adalah tempat penyimpanan data yang saling berhubungan secara logika, sehingga bisa digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan.

2.2 Definisi Customer Relationship Management (CRM)

Secara umum, CRM adalah strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Ada beberapa definisi tentang Customer Relationship Management (CRM), seperti yang disebutkan dibawah ini.

CRM didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi (Kalakota dan Robinson).

CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut (Laudon dan Traver).

CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan. Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media (Kotler).

Melalui sistem yang menerapkan CRM, perusahaan membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka.

Jadi, CRM adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis pelanggan untuk meningkatkan mutu layanan serta membangun basis pelanggan

...

...

Download as:   txt (2.9 Kb)   pdf (58.5 Kb)   docx (9.5 Kb)  
Continue for 1 more page »
Only available on OtherPapers.com
Citation Generator

(2011, 07). Definisi Database (indonesian). OtherPapers.com. Retrieved 07, 2011, from https://www.otherpapers.com/essay/Definisi-Database-indonesian/7230.html

"Definisi Database (indonesian)" OtherPapers.com. 07 2011. 2011. 07 2011 <https://www.otherpapers.com/essay/Definisi-Database-indonesian/7230.html>.

"Definisi Database (indonesian)." OtherPapers.com. OtherPapers.com, 07 2011. Web. 07 2011. <https://www.otherpapers.com/essay/Definisi-Database-indonesian/7230.html>.

"Definisi Database (indonesian)." OtherPapers.com. 07, 2011. Accessed 07, 2011. https://www.otherpapers.com/essay/Definisi-Database-indonesian/7230.html.