OtherPapers.com - Other Term Papers and Free Essays
Search

Chocolate Wars

Essay by   •  December 11, 2016  •  Case Study  •  544 Words (3 Pages)  •  911 Views

Essay Preview: Chocolate Wars

Report this essay
Page 1 of 3

Chocolate Wars

Bab 8. Perencaan Pasar Strategis

Konsep Market Attractiveness – Kekuatan Pasar (Keaktraktifan Pasar) hal - 209

Hershey’s dan Mars sama-sama mempunyai kekuatan pasar yang meliputi ukuran pasar, tingkat pertumbuhan perusahaan dan kekuatan pembeli terhadap brand tersebut. Hershey’s mampu memberikan  coklat kepada pelanggan yang memiliki rasa yang unik dan dicintai oleh konsumen seluruh USA pada 1900’s sampai sekarang. Hershey’s merupakan perusahaan Go Public yang mampu meraup untung hingga $40 Juta untuk kawasan Amerika saja. Di awal berdirinya tingkat pertumbuhan Hershey’s terus berkembang pesat, hampir seluruh masyarakat Amerika mengkonsumsi coklat bermerek Hersheys ini, hingga akhirnya pendapatan menurun pada masa perang dunia dan munculnya isu obesitas yang diakibatkan oleh produk coklat dan permen. Rasa trust dari konsumen membuat Hershey’s mampu menjadi top Fortune 500 sebagai perusahaan coklat no.1 di dunia hingga sekarang.

        

Di era kejayaan Hershey’s munculah nama Mars.Inc didirikan oleh Frank Mars pada tahun 1941 yang merupakan bisnis keluarga. Mars menjual produk yang sama dengan Hershey, Inovasi-inovasi yang berbeda dari competitor lain. Mars tidak akan dikenal luas jika bukan karena Forrest Mars, nama merek dagang milky way (coklat nugat) yang dibuat oleh Forrest menjadi terkenal di London pada era 1960 an hingga akhirnya krisis ketika perang dunia, Ide tersebut muncul ketika Forrest yang sangat ambisius yang merupakan anak dari Frank Mars diusir dari perusahaan keluarganya sendiri. Forrest membangun perusahaan mars hingga Berjaya dan dapat disejajarkan dengan Hershey’s. Kekuatan pasar Mars berada pada merek dagang M&M yang ditujukan untuk pasar tentara yang sedang perang, Mars mengatakan militer merupakan pasar yang bagus untuk perusahaannya. Nama Mars dikenal oleh seluruh tentara USA sebagai coklat terbaik. Peluang strategi market Mars sangat baik dan sistematis sehingga pertumbuhannya melesat cepat, pertumbuhan Mars terus berkembang ketika Mars mengiklankan produknya di televisi.

Konsep Intensitas Persaingan Pasar (Keaktraktifan Pasar) hal – 209

Persaingan antar brand coklat lokal di era Hershey’s pada tahun 1894 bukanlah ancaman bagi perusahaan Hersheys’s hampir seluruh kompetitor coklat di USA mampu ditaklukan oleh perusahaan Hershey, pada tahun 1941 munculnya Mars yang merupakan rival Hershey’s yang terus berseteru hingga kini. Keunggulan kompetitif perusahaan cokelat Hershey’s dilihat dari keunggulan diferensiasi, biaya dari keunggulan dan keunggulan pemasaran. Keunggulan diferensiasi dari dari perusahaan cokelat Hershey’s yaitu dari kualitas produk, kualitas pelayanan dan nama baik produk. Milton Hershey menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan kualitas terbaik untuk cokelatnya sehingga bisa menjadi cokelat nomor satu di Amerika.

...

...

Download as:   txt (4 Kb)   pdf (92.5 Kb)   docx (9.2 Kb)  
Continue for 2 more pages »
Only available on OtherPapers.com