OtherPapers.com - Other Term Papers and Free Essays
Search

Strategi Belajar Mengajar (book Report)

Essay by   •  August 24, 2011  •  Essay  •  3,118 Words (13 Pages)  •  3,770 Views

Essay Preview: Strategi Belajar Mengajar (book Report)

1 rating(s)
Report this essay
Page 1 of 13

Strategi Belajar Mengajar

(Book Report)

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas

Mata kuliah Pengembangan Sistem Pembelajaran

Oleh:

Eliza Barokah 1000546

KONSENTRASI PEREKAYASA PEMBELAJARAN

KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan book report yang berjudul "Strategi Belajar Mengajar". Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar komputer.

Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, dan dapat terselesaikan dengan bantuan dan bimbingan pihak lain. Untuk itu pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1.Dosen Mata kuliah Dasar Komputer Dr. Deni Kurniawan, M.Pd

2. Pihak yang membantu penyusunan makalah ini

Penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca, dan semoga makalah ini dapat membantu kita dalam memahami pengkajian kebutuhan belajar.

Makalah ini bukanlah karya yang sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun sistematika dan tekhnik penulisannya. Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca.Amin.

Bandung, Juni 2011

Penulis

I

BAB I

PENDAHULUAN

A. Rasional

Belajar dan mengajar pada dasarnya adalah persoalan kompleks dalam dunia pendidikan yang memerlukan pengembangan secara terus menerus. Proses belajar mengajar yang melibatkan keberadaan guru dan murid,adalah proses yang melibatkan begitu banyak masalah. Bagaimana mengajar yang baik, metode apa yang mesti digunakan, bagaimana menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung, tujuan pembelajaran seperti apa yang mesti dicapai dan lain sebagainya adalah masalah yang akan ditemui dalam proses tersebut. Dengan kata lain bahwa pembelajaran sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan, diperlukan mulai dari perencanaan yang matang, pemilihan strategi, media, teknik, model pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran yang semua itu saling berkesinambungan.

Oleh sebab itu penguasaan atas strategi belajar mengajar yang menyeluruh merupakan hal yang wajib bagi seorang guru agar proses pembelajaran berlangsung efektif sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang telah dirumuskan.

B. Gambaran Fisik Buku

JUDUL : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MELALUI PEMAHAMAN KONSEP UMUM & KONSEP ISLAMI

Penulis : Prof. Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno, M.Pd

Penerbit : PT Refika Aditama Bandung

Tahun : 5, 2007

Tebal : 156 + ix halaman

Buku karya Guru Besar Fakultas Tarbiyah & keguruan UIN SGD Bandung , Prof. Pupuh Fathurrohman dan M Sobry Sutikno, M.pd yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif YNTP for Research and Development ini menyajikan Strategi Belajar Mengajar yang tersusun secara sistematis. Buku ini disusun menjadi dua bagian yaitu konsep umum dan konsep islami.

Pada bagian yang pertama dibahas mengenai konsep umum yang terbagi menjadi lima belas bab diantaranya Konsep Strategi Belajar Mengajar, Hakikat Proses Belajar Mengajar, Belajar Mengajar Sebagai Suatu Sistem, Komponen Belajar Mengajar, Strategi menumbuhkan Motivasi, Membangun kominikasi dalam Proses Belajar Mengajar, Kompetensi Guru dalam Pengelolaan dan Pengembangan Tujuan, Proses, Metode, Media, Variasi Mengajar, Evaluasi, Teknik Pengelolaan kelas dan Teknik Mendapatkan Umpan Balik dan Keberhasilan Belajar Mengajar yang dibahas secara jelas dan terperinci dengan diselingi contoh pada setiap bahasan dengan menggunakan gaya bahasa yang simple dan mudah dipahami.

Konsep Islami mengenai strategi belajar mengajar disajikan dalam bagian 2 yang memuat pokok bahasan mengenai Dasar Pendidikan yang Islami, Fungsi dan tujuan Pendidikan, kedudukan dan Tanggung Jawab Guru, Syarat (kode etik) Pendidik, dan Strategi Belajar Mengajar Menurut Syariat Islam.

C. Gambaram Umum isi Buku

Untuk melaksanakan tugas secara professional, guru memerlukan wawasan yang mantap tentang kemungkinan-kemungkinan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan. Batasan belajar mengajar yang bersifat umum mempunyai empat dasar strategi, yakni: Mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan sesuai tuntutan dan perubahan zaman, Mempertimbangkan dan memilih system belajar mengajar yang tepat untuk mencapai sasaran yang akurat, memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, menetapkan norma dan batas minimal keberhasilan atau criteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman olrh guru dalam melakukan evaluasi kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan system intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

D. Rumusan masalah

1. Apa ciri dari kegiatan belajar mengajar?

2. Komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam kegiatan belajar-mengajar?

3. Bagaimana strategi menumbuhkan motivasi belajar?

4. Apa maksudnya bahwa strategi belajar mengajar merupakan suatu system?

5. Apa saja macam-macam pendekatan system belajar mengajar itu?

6. Bagaimanan

...

...

Download as:   txt (24 Kb)   pdf (251.4 Kb)   docx (17.9 Kb)  
Continue for 12 more pages »
Only available on OtherPapers.com